Siapakah Si Indra

Aplikasi GPS di Handphone?

Posted on: 30 Januari 2009

Samsung i550wPeralatan navigasi yang biasa kita kenal adalah kompas dan peta biasa. Namun seringkali kita sering kesulitan menentukan posisi kita di dalam peta. Nah, kebetulan handphone saya Samsung i550w yang memiliki fitur GPS dapat dijadikan sebagai alat navigasi dengan menggunakan peta digital. Walaupun di handphone ini telah ada aplikasi GPS bawaan yang bernama NAVFone… Namun setelah digunakan ternyata… aduh, tampilannya amat sangatlah tidak menarik dipandang… :D Dan kelemahan yang saya lihat lagi adalah peta yang disediakan hanya mencakup kota-kota besar di pulau Jawa Bali dan apabila kita sudah berada di luar kota misalnya di Cirebon maka aplikasi ini tidak dapat digunakan lagi… Dan saya pun mencari-cari di sana-sini… 

Saya mendapatkan 2 aplikasi GPS dengan peta Indonesia yang agak lumayan yaitu Sygic Drive dan Garmin Mobile XT. Kemudian dicoba-coba untuk digunakan dalam bernavigasi dengan mobil dari Jakarta menuju ke Bandung ternyata oke dan lengkap juga euy… malahan teman-teman saya yang lihat aplikasi ini bilang terlalu canggih dan merengek untuk diinstallin di handphone mereka…

Fakta penggunaan GPS

Saya akan membahas terlebih dahulu tentang Sygic Drive. Aplikasi GPS ini memiliki tampilan peta 3 dimensi yang cukup bagus dan lengkap sampai jalan-jalan kecil di Jakarta. Melalui situs resminya, nama produk ini terkadang disebut Traffic-GPS atau McGuider. Pada saat ini saya menggunakan versi 7.6 dan kebetulan adalah ini merupakan versi terbaru yang sudah saya install (sebenarnya sih hanya pulau Jawa dan Bali aja). Versi terakhir yaitu 7.7 atau diberi nama McGuider 2009, saya belum mendapatkan peta Indonesianya!

Dengan aplikasi Sygic Drive ini, saya mampu merencanakan perjalanan dari rumah menuju ke sebuah lokasi yang ingin kita tuju. Karena pada aplikasi ini telah tersimpan database posisi jalan dan bangunan publik (umumnya disebut Point of Interest, disingkat POI) cukup lengkap pada peta ini.

Sygic Drive

Tampilan Menu Sygic Drive

Kita tinggal mencarinya pada tampilan menu awal. Setelah itu aplikasi ini akan membuat rute berdasarkan asumsi yang dibuat, misalnya rute terpendek, rute tercepat atau rute yang ekonomis. Apabila rutenya telah jadi kita tinggal mengikuti saja petunjuk dan bimbingan navigasi dari suara yang keluar dari aplikasi ini. Mirip deh fungsi ama navigator pada balapan rally… jadi handphonenya bisa ngomong kayak begini “300 meter lagi belok kanan” atau “jalan terus sampai 1,1 km” dan hal tersebut sangat akurat ketika saya gunakan di jalan-jalan ibukota.

Screenshots Navigasi Sygic Drive

Tampilan Sygic Drive Saat Bernavigasi

Kemudian aplikasi GPS yang kedua adalah Garmin Mobile XT. Aplikasi ini sama miripnya dengan aplikasi pertama dan telah didukung oleh distribusi lokal di Indonesia. Asal tahu saja merek Garmin merupakan merek sejuta umat bagi pengguna GPS di Indonesia :D karena tidak saja didukung oleh distributor resmi melainkan adanya komunitas pengguna GPS yang telah bersusah payah menyediakan peta Indonesia (bukan hanya pulau Jawa dan Bali tetapi seluruh Indonesia termasuk peta di pulau Ambon…asyik bisa dipakai di sana :)) secara gratis untuk perangkat GPS Garmin. Komunitas ini sendiri dipimpin oleh bapak Buyung Akram dan dibantu oleh team Mapdeveloper yang tersebar di seluruh Indonesia. Situs yang dapat dikunjungi: http://www.navigasi.net

Screenshots Menu Garmin

Tampilan Menu Garmin Mobile XT

Kelebihan Garmin Mobile XT dibandingkan Sygic Drive mungkin terletak pada menu pencarian POI yang lebih rapi dan nyaman dipandang. Menu-menunya cukup mudah dipelajari dan tampilan peta 3D sangat halus dibandingkan Sygic Drive. Ketika digunakan selama bernavigasi di jalan raya, tampilan gerakan animasi Garmin Mobile XT ini ternyata agak kaku dibandingkan Sygic Drive. Saya yakin apabila sering menggunakan aplikasi ini selama perjalanan, kita bisa memperoleh banyak manfaat dari aplikasi GPS ini.

Garmin Mobile XT

Tampilan Garmin Mobile XT Ketika Bernavigasi

Kesimpulannya, setelah menggunakan aplikasi GPS ini di handphone ternyata saya banyak mendapatkan manfaat antara lain dapat memandu saya ke tempat yang belum saya hafal jalannya (ga perlu repot tanya sana-sini dan bawa peta), menemukan rute-rute ekonomis yang dapat mengurangi konsumsi BBM pada kendaraan pribadi dan menemukan daerah-daerah baru yang asyik untuk dikunjungi. Semoga bermanfaat artikelnya dan memberi inspirasi. *halah* ;)

Specification Sygic Drive Garmin Mobile XT
Supported Devices Symbian S60 3rd Edition Symbian S60 2nd Edition
Windows Mobile Symbian S60 3rd Edition
Symbian UIQ3.0
Windows Mobile
Palm OS
Size 43 Mb + Peta 30 Mb 42 Mb + Peta 100 Mb

Tips Bernavigasi

Tambahan:

Selain aplikasi berbayar seperti Sygic Drive dan Garmin Mobile XT yang sudah dibahas di atas… Ternyata masih banyak aplikasi GPS dengan peta digital yang dapat anda coba gunakan pada handphone anda… Menurut saya tidak ada aplikasi yang betul-betul bagus dan lengkap pada saat ini (hoho… karena saya ga disponsorin ama produsen GPS!! :lol:) melainkan sesuaikanlah dengan kebutuhan navigasi anda untuk menentukan yang sesuai. Kalau misalnya hafal jalan kan ga perlu bergaya pakai GPS. :mrgreen:

Google Maps Latitude

Google Maps with Latitude

Oiya, ini ada aplikasi peta satelit yang lumayan terkenal dari Google Earth menyediakan versi mobilenya di handphone, namanya Google Maps.  Jadi cukup menggunakan handphone saja, anda bisa memata-matai keadaan permukaan bumi dengan resolusi foto satelit yang cukup jelas. Dalam hal ini aplikasi Google Maps membutuhkan koneksi GPRS (internet) untuk mendownload petanya (jadi tidak gratis juga sih… nanti kena biaya GPRS :evil:). Terus kelebihan yang lain adalah aplikasi ini dapat mendeteksi posisi anda saat ini di peta dengan menggunakan 2 metode yaitu sinyal BTS terdekat (prosesnya lebih cepat namun tidak presisi) ataupun dengan sinyal satelit GPS (prosesnya lama tapi akurat). Kemudian ada juga fitur Latitude di dalam menunya yang memungkin anda berbagi posisi dengan teman anda apabila sama-sama menggunakan Google Maps di handphone. Wow keren juga ya?!

Ovi Maps

Maps on Ovi

Aplikasi GPS yang gratis lainnya adalah Nokia Maps atau Ovi Maps (sama aja…). Software ini sudah pre-include di handphone-handphone buatan Nokia terbaru (tentunya kalau diteliti… jadi ga perlu repot lagi kan buat install aplikasi GPS?). Nah gimana kalau anda memiliki handphone yang bukan buatan Nokia seperti punya saya Samsung i550w atau punyanya pak Dewo LG KT610… pasti pengen juga mencicipinya kan? Nah coba download aja aplikasi Ovi Maps di website penyedia aplikasi symbian ini. Menurut saya aplikasi ini sama aja dengan Sygic Drive dan Garmin Mobile XT. Jadi ini masalah selera saja… pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan anda. Oleh karena itu, pada saat ini kita betul-betul dimudahkan dengan teknologi GPS ini sehingga sudah basi kali kalau ada orang tersesat di jalan padahal di handphonenya ada fitur GPS. :P

Apabila anda ingin menanyakan hal-hal yang lebih spesifik tentang aplikasi GPS di handphone dapat menghubungi saya lewat form email kontactr di bawah ini. Saya akan berusaha memberi respons secepatnya. Terima kasih.

About these ads

62 Tanggapan to "Aplikasi GPS di Handphone?"

Wah, terima kasih info-nya.
Saya jadi pengen donlot juga aplikasi2 tsb.
Sayang ga dibahas bagaimana mendapatkan versi bajakannya.
*ngeyel mode: ON*

# Emanuel Setio Dewo
hehehe… soalnya di Indonesia ada distributor resminya, pak… Saya ga mau nyerobot rejeki orang :)

Wah HPnya itu harus mahal dunk Mazx..

HP saya buat ngenet ajah Lemuot Puol..he he he he bhe..

Salam Bocahbancar…

eh indra, gw udah ngistall garmin tuh di hp gw.. abis gw udah gak sabar sih, lama kalo harus ke kosan lu dulu. hehehe.. buat temen2 yg blom nyoba, garmin ok lho, tampilannya bagus, biasanya gw pake software gps bawaan hp. th x ya dra udah pamerin ke gw jadinya gw ngikut pake juga deh.

tes tes…

halo, salam kenal, kunjungan balik nih,
wah pgn juga sih nyoba sygic n garmin nya, hp ku 6120c n blm py GPS, jadi sementara cm bisa mode offline di nokia map aja.

trims atas infonya, sukses selalu

# bocahbancar
Sangat relatif… karena perkembangan harga handphone umumnya makin lama akan semakin murah termasuk teknologi GPS ini… salam kenal ;)

# tyo
wah… temanku ini ga sabaran rupanya… yo wess lah ntar gw main ke rumah lo pakai GPS ya… hehehe :)

# aripmuttaqien
eh ngapain lo tes-tes komen di tulisan ini? *siluman menganggu umat manusia!*

# edwardgr
Salam kenal juga… sebenarnya sygic dan garmin ini bisa mode offline hanya saja agak ribet penggunaannya dibandingkan Nokia Maps :)

Salam sukses juga.

Bagi yang punya HP dg JAVA, bisa juga membaca peta untuk Garmin lho. Silahkan baca-baca dan download Mario Advisor:
http://deblor-freewaresmartphone.blogspot.com/2009/02/mario-advisor-v061-java_05.html

Selamat ber-GPS ria :D

kayanya untuk beberapa HP yg punya resolusi layar agak beda (landscape gitu..) kayanya bakal ada masalah ya? soalnya setelah saya coba, saya curiga ada tulisan yg tak nampak di layar. tapi blom pasti juga sih, soalnya blom bandingin sama HP yg berlayar “portrait”.

# deBlor
wah… tenkyu bro… info-nya sangat bermanfaat tuh…

# tyo
memang tulisan apa yang tidak nampak di layar, tyo? wah… jadi penasaran nih… :D

gw pake i550w jg om.
Pakenya gmaps ama nmaps.
Gmaps buat konek cpet ke satelit, nokia maps karna udah terbiasa aja.

# topiq
sama-sama orang depok nih ya…. :) kalau Gmaps dan nokia maps juga saya pakai sebagai alternatif selain Garmin Mobile XT

oh iya mas… saya sudah baca blog anda… bagusan mana sih aplikasi push email antara Nokia Email dengan Seven?

Mas… Bisa Bantu saya ndak…
saya pake PDA Ipaq 612c, di programnya ada aGPS, itu apaya aGPS… trus bagaimana caranya agar bisa menggunakan GPSnya….
terima kasih banyak..

instal google map bos!
ada satelite view, map view, dan..
bisa terintegrasi dengan GPS yang ada di handheld

# agusta
aGPS itu salah satu versi GPS yang dibantu (assisted) oleh sinyal BTS untuk mempercepat menangkap sinyal.

Untuk menjalankan GPS, bisa masuk di Enhanced GPS Settings, XTRA Enable selalu di set di Disable,
dan GPS bekerja baik (asal ada SIM card). Umumnya di Pocket PC tidak menyediakan aplikasi GPS dan peta digitalnya… jadi mas agusta sebaiknya menginstall aplikasi GPS seperti Garmin atau Sygic yang sudah saya bahas di atas.

# Hasrul Ma’ruf
Oke thanks infonya. :)

Gimana sih caranya setting?
gw dan instal tpi ko ga bisa ya?

tolong dong yang udah bisa bantuin gw….

Setting apaan, om?

ga bisanya yang mananya?

ada yang mau bantu Rendy…

klo untuk soner w960i bisa gak dipasang software gps.. yg cocok apaan ya..

Sudah tahu Soner w960i support GPS atau ga?

Kalau bisa (ini aku ga tahu loh…) pakai Garmin aja, bro….

Ane domisili di Samarinda. Bisa gak aplikasi Sygic Drive dan Garmin Mobile XT digunakan di Samarinda dan ada gak peta Kal Tim – Sel – Teng? Kebetulan kerjaan ane bergerak terus di wilayah Kal Tim – Sel – Teng.
Dimane beli aplikasi ini?
Ente tau juga gak office tools untuk i550W? i55oW ane belon ada aplikasi quickoffice. Gimane dan dimana dapetin aplikasi quickoffice?(Kalo bisa yang gratisan)

Ane saranin ente pakai garmin aja, bos… soalnya petanya lebih lengkap (satu Indonesia bok).

Kalau ente punya modal bisa beli aplikasi Garmin di toko alat-alat survey… coba cek aja di google, mungkin bisa dikirim ke Kalimantan.

Ane ada koq aplikasi quickoffice n ga perlu install segala… kalau mau yg gratisan sering mampir ke forum di kaskus aja bos… orang-orangnya baik2 koq :D

#indra : …Ane ada koq aplikasi quickoffice n ga perlu install segala…

Ane beli i550W, quickoffice nya gak bisa untuk ngedit. Bisanya cuman untuk baca doang. Ente kan pake i550W juga kan? Sukron, tararengkyu.

salam kenal mas indra, sy sedang melakukan survey lalulintas di jabotabek dan butuh bantuan dari pengguna gps di jabotabek untuk mengetahui rute dari pengguna jalan. mohon kiranya teman2 sekalian dapat membantu untuk memberikan record gps untuk 3 hari perjalanan (2 hari waktu kerja+1 hari libur) ke email sy di: tolpaket1@gmail.com. Mudah2an dengan hasil kajian yg saya lakukan setidaknya dapat memberikan rekomendasi bagi pengambil keputusan dalam mengatasi kemacetan di jakarta, terima kasih atas kerjasamanya.

Alo mas indra salam kenal.. Saya coba instal sygic di hp soner g700 (UIQ3) yg jd masalah hp sy ga da gpsnya.. So saya beli headset hge 100 gps.. Kalau buat trekbuddy seh no problem.. Tp buat sygic kok ga bisa ya gps nya.. Dia minta bluetooth gps modul.. Apa sygic ga bsa pake gps hge 100, atau kalo bisa bagai mana settingnya.. Apa sama kayak kalo kita pake gps internal hp? Thanks

halo mas indra, saya mau download track logging ke laptop caranya gimana ya? thanks

bro indra, salam kenal ni.
baru ajah terjerumus beli i550w hehehehe
install garmin sudah bisa.

tapi cara pakai nya gimana ya?
insert map nya gimana?

trus setiap dijalankan garmin nya kenapa dia selalu “searching for gps device” pake bluetooth lagi?

tolongin dong bro gimana cara pakena. maklum nubie banget

tks atas atensinya

salam kenal bro….
saya pengguna baru i550.tolong dibimbing ttg cara penginstalan garmin.juga software and setingan push email nya.
thx

bagus brooooo tapi file nya mana di share donggg

Tolong diperjelas lg ya mas cara”nya.
Trima kasih…

om upload filenya di indowebster donk -_-”

Bro bisa bantu gak?hp aku ipaq 612c pake aplikasi gps IGO 8,aku udah pernah pake n keren bgt tapi akhir2 ini kok tiap aku pake langsung bunyi “GPS disconnected” kenapa ya?bisa kasi solusi gak?

Mas,klo SE G502 bisa pake garmin mobile XT & Sygic Drive g?

mas saya punya google map,tp ga’tau gmna caranya buwat nandai posisi saya berada.bisa kasih tau gmna cranya ga’…?

bisa, asal hape kamu ada fitur GPS dan simpanlah posisi kamu melalui data GPS tengara nanti otomotis muncul di aplikasi google maps sebagai favorit.

Meskipun hp saya gak ada fasilitas GPS nya, tapi pake Google Maps tetap bisa buat navigasi, meskipun dengan cara kayak militer belajar navigasi, harus liat tanda medan dari citra satelit

sry bos ane anak baru ni , mengenai gps.
ane pengen tanya aja. kalo gps di hp O2 yg udah ada aplikasi gpsnya bisa ga ya..?
masalahnya ane sering kejebak macet di jalan ni…

bos klo d hp uda da gps pa kna biaya gprs terus???

Mau tanya,saya masih newbie soal ginian…
perangkat seperti itu menggunakan pulsa??
Samsung I550w. Berarti meski pulsa kt Rp1,- bisa buat GPS-an??
mohon penjelasan. saya pengguna baru nokia E7

mas aplikasi ini dipakai untuk hp simbian bisa ga

tolon kirimkan linknya ke email saya mahfudzprayikto@yaho.com trimakasih t tunggu ya mksih

Tempat untuk Gps’a

Apakah ada yang tidak di batasi..???

cara downloadx gimana mas

sory gan gw mw tanya nie .. hp gua ada aplhkasi google maps .. tp qo udh gua down load ga bsa di pke ya .. wkwkwk .. hrap di perjelas .. TQ

saya punya hp bb yg tipex 8320 ap ad gpsx klw ad berapa hargax…tpy klw gada hrg gpsx berapa…yg murah ad ga

mf,,klo u/ hp samsung 5620 ada ga apps nya? mksh …..

ulasan bagus.
Tolong mas. Aku punya nokia c5-03, S60 (tp gak tau generasi ke berapa). Gimana aktivkan peta ovinya. Dah aku otak-atik tp gak mau jg. Apa harus download peta d ovi.com dulu? gimana caranya.
Thanks

bisa bantu say
a gak buat instal smua aplikasinya,atau ketemuan,tolong informasikan nomor hp bpk ke alamat email sy ini,trima kasih

Mas hp qu samsung s5233w star wifi ada layanan google maps tp krg mksimal.bs f kira2 d instalin gps garmin/sigidrever

mas hp qu samsung tipe s5233 ada lynan google maps.kira2 bs g low d instalin gps gtu.

bm aku aku cah bm

Hp saya nokia x3-2, apa bisa buat liat peta 3 dimensi indonesia? Caranya gimana?

wow bagus sekali

nice info..thanks……….

mas,tolong beri link download applikasi sygic gps untuk windows mobile 6.5./omnia pro dan cara instalasi lengkapnya ya..thanks

Gps untuk ponsel, merek apa yg bisa dipakai pada posisi offline?

Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video
to make your point. You obviously know what youre talking about, why throw away your intelligence on just posting videos to your blog when you could
be giving us something informative to read?

bro klo touchcreen china bsa gk bro make gtuan

Its like you read my mind! You seem to know so much about this, like you wrote the book in it or something.

I think that you could do with some pics to drive the message home
a little bit, but instead of that, this is great blog.
An excellent read. I’ll definitely be back.

Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make your point.
You obviously know what youre talking about, why throw
away your intelligence on just posting videos to
your site when you could be giving us something enlightening to read?

kalau hp mito a300 bisa pakai gps gx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: