Reuni Teman SD di awal tahun 2009

Gerbang Sekolah tahun 2006

Gerbang Sekolah

Hari minggu kemarin merupakan hari yang cukup berkesan bagi saya karena dalam hari itu saya mengkoordinir undangan acara reuni teman-teman SD saya dulu ketika masih tinggal di Ambon. Awalnya memang terasa agak sulit bagi saya mengetahui info atau kontak teman-teman saya dulu karena keterbatasan alat komunikasi namun sejak populernya penggunaan Friendster akhirnya dapat mempermudah saya memperoleh informasi kontak yang telah terputus sejak 12 tahun yang lalu. Biasanya saya melakukan pencarian di Friendster dengan menggunakan kata kunci nama orang dan asal sekolah pada menu search. Fitur ini sangat membantu karena rata-rata saya bisa menemukan profile milik teman saya. Walaupun pada saat ini perkembangan Facebook juga mirip ketika Friendster diluncurkan pada masa lalu, saya lebih memprioritaskan Friendster karena jaringannya sudah luas sampai ke pelosok daerah di Indonesia.

Bercerita tentang sekolah dasar saya ini memang berlokasi di kota Ambon provinsi Maluku. Namanya adalah SD Negeri 2 Latihan SPG Ambon. Sepertinya terdengar agak unik karena ada kata Latihan dan SPG. Sampai saat ini saya juga belum pasti penggunaan kata Latihan pada sekolah. Setahu saya ketika masuk pertama kali di sekolah ini pada kelas 1 di tahun 1991, bapak kepala sekolah waktu itu mengatakan sekolah ini diberi nama Latihan agar setiap siswanya berlatih terus agar mendapatkan prestasi yang baik di sekolah. Atau mungkin saja kata Latihan ini menyambung dengan singkatan SPG yaitu Sekolah Pendidikan Guru maksudnya adalah sekolah ini dijadikan tempat latihan atau magang guru-guru lulusan SPG. Karena lokasi SPG ini memang satu kompleks dengan SD saya ini.

Saya sangat antusias mengikuti acara reuni-reuni semacam ini karena terkadang saya mengingat kembali kejadian-kejadian lucu, memalukan, kenakalan, kepolosan kami saat masih kecil dahulu. Terkadang saya sampai tertawa ngakak karena benar-benar memalukan!!! Saya hampir terbuai dengan nostalgia masa-masa yang indah ketika masih di Ambon. Bagi saya satu pulau Ambon merupakan rumah besar bagi saya… seluruh pelosok pulau ini menjadi sejarah kisah hidupku sejak lahir sampai berumur 13 tahun ketika saya terpaksa meninggalkan pulau ini dengan kesedihan atas perpecahan yang terjadi di dalam masyarakatnya. Saya juga cukup salut terhadap beberapa teman saya yang masih mengingat kejadian-kejadian ketika masih SD dulu. Namun terkadang saya sendiri juga agak sedikit lupa dengan teman-teman SD dulu namun biasanya tak berapa lama mendengarkan cerita dari teman saya perlahan ingatan saya pulih kembali hehehe… mudah-mudahan ingatan saya terhadap teman SMP dan SMA juga tak lekang oleh waktu.

Akhirnya setelah kami dipertemukan kembali ternyata membuat saya sadar atas jalan hidup kami memang telah berbeda. Terkadang ketika mendengar cerita teman sebangku ketika SD yang kini harus hidup mandiri mencari sesuap nasi karena kehidupan ekonomi keluarganya jatuh miskin akibat kondisi masyarakat yang belum stabil di Ambon. Pengalaman dia seakan-akan melucut nurani saya yang hidupnya masih bergantung pada orang tua untuk benar-benar mencari rezeki untuk masa depan saya sendiri. Saya ingin meniru etos kerja dia karena paling tidak kami telah lama mengenal satu sama lain. Dan saya sendiri berharap masyarakat Ambon harus cepat bersatu membangun kota Ambon agar kesejahteraan masyarakat dapat dipulihkan kembali. Kita sudah bosan dengan isu-isu provokasi yang merupakan sumber malapetaka bagi orang Ambon sendiri.

18 pemikiran pada “Reuni Teman SD di awal tahun 2009

  1. chen

    salam kompakajha utk kamu indra, ce memang hebat bisa adakan reuni SD Negeri 2 latihan ambon, beta salut par kamong samua n beta mau tanyakamong lulus SD taon brp? kalau angktn beta lulus 88 n kpla skolah pak Andreas

  2. # eka
    salam kenal juga.๐Ÿ™‚

    # chen
    Beta lulus tahun 97 n waktu katong kelas 1 sampai 4 kepala sekolah masih pak andreas tapi habis itu diganti deng pak sarimole… Berarti ussy ini kaka kelas beta toh?

  3. Justus P Pattipawae

    Beta Alumni SD Latihan 1981 ; Jadi kata latihan SPG itu ada sejarah dan maknanya ; Dulu satu kompleks dengan SPG (Sekolah Pendidikan Guru) nah kata Latihan… karena saat itu hanya SD inilah yang dijadikan tempat magang bagi para calon lulusan SPG yang kan menjadi Guru kelak. Nah ini beta mau tulis mars SD Latihan yang di ajar oleh ibu Samson :
    ” Mars SD Latihan SPG ”
    Hiduplah Latihan SPG,
    Mari bersiap ramai-ramai,
    menunaikan tugas bersama,
    Baik Guru baik pun muridnya,
    Tingkatkan kewajiban kita ,

    Bersama membangun Negara ,
    Republik Indonesia Merdeka,
    Satu Nusa, Satu Bangsa …
    Lagi pula satu bahasa……

    Catatan : SD Latihan dibagi menjadi SD Latihan 1 dan SD Latihan 2 tahun 1982… setelah angkatan kita. Saat itu tidak ada SD di Ambon yang prestasinya secemerlang SD Latihan…..
    Jayalah SD Negeri Latihan SPG

    1. Justus P Pattipawae

      Oh ya saat itu 1981 : Kepala Sekolah SD Latihan SPG Ny.J.C Samson-Loppies dan Wakilnya Bpk. S Andries. Kemudian tahun 1982 : Ibu Samson tetap Kepsek di SD Lat 1 sedangkan Bpk. Andries , Kepsek di SD Lat 2. Sekian utk diketahui bersama….

  4. Asri

    selamat basudara samua

    biar terlambat beta lia tapi syukur padahal pernah ada kegiatan ini
    beta alumni 1985
    beta jua masih dapatkan kepala sekolah ibu samson, dan digantikan dengan pak andries,
    saat tulis pak andris. beta cuman ingat satu hal saat saat sekolah ada pemugaran akhirnya SD dipindahkan ke SD dekat kantor Pos.
    semoga tamang tamang kalau ada Temu Alumni tolong baku kase INfo eeee beta Asri Latho,Bapak guru yang beta inga sekali Pak Sarimole

Tinggalkan Balasan

