Karang Panjang

Panorama Teluk Ambon

Dulu waktu saya masih kecil di Ambon, ada 2 tempat perbukitan untuk panorama yang cukup indah untuk melihat keseluruhan kota dan teluk Ambon secara bersamaan. Tempat yang pertama terletak di daerah Gunung Nona dan satu lagi di daerah perbukitan Karang Panjang. Yup… pertama saya ingin bercerita dulu tentang daerah Karang Panjang alias disingkat namanya dengan istilah “Karpan”. Berhubung saya cuma punya koleksi foto di daerah Karpan aja…. Hehehe…

Oh iya, pertama sekilas daerah Karpan ini dapat dijangkau masyarakat melalui angkutan kota dari terminal Pasar Mardika dengan trayek Line V (kalau ga salah…). Nanti sepanjang jalan menuju daerah perbukitan ini bakal melalui jalan-jalan menanjak dan berkelok-kelok…. Sepertinya daerah ini mirip banget dengan daerah puncak Dago di kota Bandung…. Selain daerahnya berbukit-bukit, di sini juga banyak berdiri perumahan elit yang berjajar di sepanjang jalan dan satu lagi… ada monumen pahlawan perjuangan bangsa…. Itu benar, kalau di puncak Dago di kota Bandung ada taman makam pahlawan Ir.H.Djuanda sedangkan di perbukitan Karang Panjang kota Ambon berdiri monumen Christina Martha Tiahahu. Beginilah kondisi monumen tersebut yang berhasil saya ambil melalui kamera digital di tahun 2006:

Monumen Christina Martha Tiahahu

(Foto 1 Monumen Pahlawan Christina Martha Tiahahu)

Monumen

(Foto 2 Penjelasan Monumen Christina Martha Tiahahu)

Karang Panjang

(Foto 3 Sebuah bangunan di belakang Monumen)

Kemudian di Karpan ini populer bagi masyarakat untuk melihat panorama kota Ambon yang tadi saya bilang. Terutama di malam hari, kita bisa melihat berkilaunya cahaya bangunan di kota Ambon dan kapal-kapal laut yang lagi berlabuh di teluk Ambon. Sehingga kalau kita ingin melihat aktraksi kembang api seperti di malam tahun baru, maka tempat paling keren untuk melihatnya salah satunya di Karpan.

Panorama Kota Ambon

(Foto 4 Panorama Kota dan Teluk Ambon dari Karang Panjang)

Salam Hangat.

24 pemikiran pada “Karang Panjang

  1. Itu foto paling atas luar biasa INDAH. Jadi pengen jalan-jalan ke Ambon.

    btw aku minta izin nitip pesan disini kawan.
    Bagi orang batak sedunia, Orang Jawa, Cina dan Keling yang selalu bangga menyebut diri “Anak Medan” atau orang Sumut, mari kita dukung PSMS Medan. Ayo kita doakan semoga Saktiawan Sinaga cs berhasil melibas Sriwijaya FC. .

    Awas, ada kemungkinan PSMS akan dikerjain wasit lagi. Soalnya, Sriwijaya memang diplot oleh orang berkuasa di PSSI untuk merebut gelar juara. Salah satu caranya adalah dengan menyetel wasit agar merugikan PSMS. Ini terkait dengan sejarah dan bisnis, yaitu Persijatim yang dijual pemgurusnya dan kemudian menjelma menjadi Sriwijaya FC.

    Viva PSMS Medan, Mampuslah Sriwijaya FC!

  2. Sarah

    Hiks…hiks…aQ kangen sm Ambon….yah…aQ pernah ke Ambon n tinggal di sana, walopun cm 8 bulan…Tp kenangannya bener2 melekat dalam hidupQ….Cinta PertamaQ juga di sana….woohhh… Hehehe…Lam kenal…

  3. # Almascatie
    oke deh… tapi jangan janjian di semak-semak ya… hehehe🙂

    # Sef
    Bagi-bagi donk, bang Sef…

    # Tobadreams
    Terima kasih kembali… Eh, abang si PSMS Medan kalah bah! Tapi tetap gembira saja ya, dapat juara 2 liga Indonesia lumayan kan.

    # Sarah
    …no comment…
    hehehe… salam kenal aja, mbak!

  4. kenedy andre

    emang luar bisa indah view di ambon klu bisa foto tempat lain yang indah indah mis pintu kota, natsepa liang dan sebagaimya biar tambah host aja ambonmanise kita jaya ambon !!

  5. # Kenedy Andre
    oh, iya saya juga sudah menampilkan artikel-artikel tentang pariwisata di Ambon. Silahkan lihat di Arsip tentang “Ambon” di pojok kanan atas. Betul, bung! Ambon manise jangan terkenal penyanyi dan petinjunya saja, kotanya juga harus terkenal ke seluruh nusantara.

  6. roni ferdinandus

    ayo mama e e e , ayo papa e e e , ayo sudara e e e , mau GILA sa kalu lia amabon rasa2 mau mati sa, tagal hidop pungmau jadi ktg tapisah jauh ………….. ah ah ah ah ah ah ah

  7. # yakhanu
    Boleh silahkan ambil… jangan lupa promosikan pulau Ambon ya🙂

    # Johan Mozes Hukom
    Kita pun berharap demikian.

    # Parker
    Kangen Ambon Manise.🙂

    # roni fernandus
    Sio nyong… ose pulang jua!

    # ivie
    Kenangan lama dengan siapa nih?:mrgreen:

    # nining
    Beta inga katong anana SD pernah datang ke rumah ose di karpan… kenangan yang seng terlupakan…😆

  8. maria agusta martibas

    that’s so sweet. saya tamatan sd inpres karang panjang ambon, lulus tahun 1981…….kangen banget sama karpan ‘amboina manise”…..

  9. Blogwalking. Ketemu blog ini. Salam kenal lay e Bung. Menarik, bikin tambah cinta par Ambon sa. Hehehe. Oya beta liat foto-fotonya, tahun 2006, selang 5 tahun, di daerah Christina situ paleng banyak perubahan ee. Ambon makin baik tiap hari🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s