Lulus kuliah habis itu cari kerja?

Job Hunting

(source: http://www.readersdigest.ca/mag/2001/04/images/summer1.jpg) 

Setelah menyelesaikan kuliah tahun ini, teman-teman saya banyak melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan swasta, contohnya perusahaan manufaktur, konsultan, perbankan, perminyakan, dan lain-lain. Ada juga beberapa yang langsung melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi yaitu, master atau S2 dan kebanyakan di luar negeri seperti di Singapura, Jerman, Swedia, dan Amerika Serikat. Saya juga pasti menduga apakah ada dari mereka yang kira-kira telah memiliki usaha mandiri (wiraswasta)? hmmm… kayaknya belum saya dengar….. well daripada mikirin orang lain, mending saya mikirin nasib saya juga…. wong, status saya juga belum jelas juga nih!! Sampai saat ini, saya masih mencoba mencari rezeki dengan cara melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan. Kira-kira sudah 4 bulan, sejak kelulusan wisuda saya masih belum mendapat pekerjaan. Kalau ga salah ada sudah ada 9 perusahaan yang gagal saya masuki. Kebanyakan kegagalan saya terjadi di proses wawancara. ooouw…. kenapa bisa terjadi? mungkin saja saya orang yang termasuk cepat gugup apabila bertemu orang lain yang belum saya kenal ataukah memang belum terbiasa dengan proses-proses ini??…. Tetapi hal yang dapat saya pelajari dengan kegiatan-kegiatan seperti ini, saya mendapatkan referensi tentang tipe orang apa saja yang cocok dalam sebuah pekerjaan yang ditawarkan oleh sebuah organisasi atau perusahaan. Terdapat perbedaan antara pekerjaan dengan skill manajerial dan analisis, sehingga kita tahu perkembangan karir kita di masa depan bagaimana jadinya…. Selain itu, saya juga bisa belajar bagaimana mengintropeksi diri, karena dengan banyaknya kegagalan dalam mengikuti proses seleksi kita dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan diri kita dibandingkan dengan orang lain. Sehingga bermanfaat bagi kita untuk memposisikan diri kita di dalam sebuah kelompok yang majemuk. Oke deh, untuk itu saya akan terus coba dulu mengikuti seleksi pekerjaan di perusahaan dengan semangat tentunya!!!!

7 pemikiran pada “Lulus kuliah habis itu cari kerja?

  1. Capai dulu rekor gagal tes perusahaan MINIMAL 20 kali.
    Sehabis itu dijamin percaya diri meningkat, muka makin tebal, jawab pertanyaan2 perusahaan makin lancar.
    Mau dikasih tes apapun, di perusahaan manapun, pasti tinggal sikat.

    Begitu kata teman saya, mengakhiri masa penganggurannya. Sekarang sdh kerja di one major oil company di Indonesia.
    Jam terbang dia ikut tes2 perusahaan sudah tinggi.

    Benar tidaknya cerita dia, saya anggap sebagai motivasi saja.

  2. G Yisworo

    Usaha kami saat ini berkembang pesat, kami butuh beberapa partner bisnis untuk menghendle beberapa jalur distribusi. Keuntungan yang bisa dihasilkan sangat besar. Kami tahu anda sibuk dan belum tentu cocok. namun kami ingin anda melihat port folio yang telah saya siapkan pada hari KAMIS Jam.18.30 di JDC Lt.6. Hub kami di 021-68269163 (G.yisworo)

  3. Lulus Kuliah Cari Kerja? KUNO!

    Jaman sekarang, sudah waktunya para lulusan perguruan tinggi membuka lapangan pekerjaan. Bukan mencari pekerjaan.
    Tapi sebelum melangkah lebih jauh dan terperosok, ubah mindset terlebih dahulu. Silahkan baca buku “LULUS KULIAH CARI KERJA? KUNO!” yang ada di toko buku, untuk mengubah mindset tersebut.

    Tks

  4. lulus kuliah langsung cari kerja itu bagus dari pada yang sudah lulus kuliah diam ajach d rumah gax ada kegiatan …
    males itu namanya,
    kalau sambil kerja sedikit-sedikitkan bisa bantu ORTU.,

Tinggalkan Balasan

