Siapakah Si Indra

Fitur Wifi di Handphone

Posted on: 13 Februari 2009

Samsung i550wSalah satu alasan saya ketika membeli handphone Samsung i550w pada bulan Desember 2008 kemarin adalah karena pada handphone ini sudah dilengkapi dengan fitur Wi-Fi (kependekan dari Wireless Fidelity). Artinya sinyal Wi-Fi dapat ditangkap secara cuma-cuma apabila kita berada di daerah titik panas (hotspot a.k.a WLAN) ;). Umumnya di kota-kota besar di Indonesia terutama di daerah bandara, kampus, restoran dan tempat-tempat nongkrong anak muda mudah dijumpai hotspot yang gratis atau berbayar.

Misalkan saja kalau kita berada di jangkauan hotspot yang gratis… kenapa kita tidak menggunakan teknologi tersebut  untuk sesuatu yang bermanfaat? Saya yakin kebanyakan orang berpikiran Wi-Fi dipakai khusus di laptop dan hanya untuk berinternet saja… Namun sekarang aplikasi sudah banyak berkembang salah satunya adalah telpon gratis via Wi-Fi yang bernama VoIP (kependekan dari Voice over Internet Protocol)… Hebatnya aplikasi ini malah tidak memerlukan SIM card operator untuk bisa berkomunikasi… Contohnya anda dapat melihat model handphone aneh ini.

Bah.. apa pula ini modelnya?Horass… (kata si Nainggolan)

Nah belum tentu semua orang paham untuk menggunakan VoIP terutama di handphone… apalagi di Indonesia… Kabarnya telah lama pemerintah membatasi penggunaan VoIP atau telepon digital pada masyarakat umum untuk melindungi keberadaan perusahaan telekomunikasi dalam negeri* *katanya sih.. (hihihi… padahal dulu memang sahamnya milik pemerintah tapi sekarang sudah dijual ke pihak asing :-?)… Jadi ga usah deh dibatas-batasin sekarang… karena jaman dulu banyak Wartel (warung telepon) yang ketahuan menggunakan teknologi VoIP ini digugat oleh salah satu BUMN terkenal (pasti tahu deh…). Padahal tujuannya simpel saja yaitu untuk menurunkan tarif komunikasi agar terjangkau oleh rakyat Indonesia… Nah saatnya kita mendobraknya! *halah*…

Handphone dengan fitur Wi-Fi

Supaya bisa nelpon gratis dengan VoIP, syaratnya adalah:

1.    Yang menelepon dan yang ditelepon harus sama-sama menggunakan satu layanan VoIP. Misalnya sama-sama menggunakan layanan VoIP populer saat ini seperti Skype dan Fring atau yang berasal dari Indonesia yaitu Voip Rakyat. Memang mirip banget ama chatting di komputer, cuyy…

2.    Sebaiknya menggunakan koneksi Wi-Fi gratis di sekitar anda walaupun VoIP juga bisa memakai koneksi 3G atau HSDPA… (wong katanya pengen nelpon gratis?) Selain itu sinyal Wi-Fi cukup stabil dibandingkan sinyal 3G sehingga komunikasi suara tetap bagus dan tidak putus-putus.

Saat ini saya meng-install aplikasi dari Fring pada handphone Samsung i550w. Menurut saya aplikasi ini cukup bagus karena telah mendukung multi layanan VoIP selain Fring itu sendiri, kita bisa menambahkan account Skype atau VoIP Rakyat dalam satu aplikasi sehingga bisa dijumpai pengguna VoIP yang sedang online pada masing-masing layanan. Suara yang dihasilkan VoIP masih dapat terdengar jelas oleh saya maupun lawan bicara saya.

Telpon Gratis Voip

Menu Interface Telepon VoIP dengan Fring

Wah jadi semangat deh berburu hotspot gratisan di sekitar kita… Nah kalau misalnya sudah bosan nelpon teman pakai VoIP… lalu ada aplikasi hiburan yang menggunakan Wi-Fi sebagai medianya, yaitu Radio Internet. Walaupun di handphone Samsung i550w ini telah dilengkapi dengan Radio FM namun kadang-kadang kita penasaran ingin mendengar siaran-siaran radio dari luar negeri. Nah aplikasi yang bernama Virtual Radio ini layak untuk dicoba karena di dalam aplikasi ini terdapat banyak sekali saluran-saluran radio dari luar negeri yang bisa kita dengar setiap saat dan tentunya gratis bok….

Virtual Radio

Tampilan Siaran Radio Internet :D

Saya pernah mencoba mendengarkan siaran radio berbahasa Jerman dan ternyata bagus juga buat saya untuk melatih kemampuan berbahasa Jerman saya. Boleh dibilang aplikasi ini oke punya deh… hehehe… Trus apalagi ya yang bisa kita manfaatkan pada fitur Wi-Fi di handphone? Oh iya ada lagi nih… mendingan sekalian aja nonton Video Streaming… Wah ini aplikasi yang saya impi-impikan karena saya penggemar berat Video Streaming di internet. Saya suka sekali menonton video klip tentang berbagai hal misalnya videoklip musik, film, sepakbola dan lain-lainnya. Sehingga layanan Video Streaming yang selama ini saya pakai adalah Youtube. Untuk menonton video streaming, kita tinggal menjalankan browser internet di handphone dengan alamat: http://m.youtube.com lalu searching aja keyword yang ingin dicari.

Youtube Mobile

Streaming Video tidak perlu bayar ;)

Kesimpulannya, setelah memanfaatkan fitur Wi-Fi di handphone Samsung i550w terutama VoIP ternyata, saya bisa menelepon sepuasnya tanpa sepeser pun mengeluarkan uang untuk pulsa telepon… hal ini bisa menjadikan fitur Wi-Fi di handphone sebagai nilai tambah komunikasi alternatif. Kemudian aplikasi yang tak kala serunya dengan menggunakan fitur Wi-Fi yaitu Radio Internet dan Video Streaming memungkinkan dinikmati tanpa perlu menghabiskan pulsa telepon juga.

Sehingga fitur Wi-Fi sangat cocok buat orang yang doyan gratisan… hahaha….

34 Tanggapan to "Fitur Wifi di Handphone"

Keren2 … Agak menyesal tidak membeli hape yang bisa WiFi :(

# chidua
Ga apa2 koq, chi… kalau misalnya belum butuh ga usah buru2 beli model handphone kayak begini… soalnya tergantung orangnya sudah mengerti penggunaannya atau belum… ;)

beli berapa mas?

# nico
Kalau punya saya ini dibeli bulan Desember 2008 di toko erafone, Plaza Semanggi 2,7juta-an ketika sedang ada promo waktu itu

Rekomendasi saya, kalau misalnya pengen handphone yang hanya ada fitur Wi-Fi saja mendingin pertimbangkan Nokia E51 karena harganya paling murah (2,5juta-an)

Hi… asyik banget yakk..

aku mo coba deh.. Kalau yang sekarang kira-kira mo beli hp sedemikian dengan plus gps kira-kira total kerusakannya berapa ya…

wehh kayaknya asyik tuh.. bisa dicoba..

tanya donks.. untuk koneksi ke internet bisa nggak sih kalo tinggal colokin ke komputer kita yang ada internetnya…
Jadi nggak melulu harus cari hot spot area… thanks for sharingnya ya…

gw gk biz akal nich.

tiap saat, dtik, mnt, wkt ad aj yg giurinnnnn

mmmmmmmmm teknologi gtu lho
cm Syg amt bl msh byk org ktipu dgn hal2 baru aplg bl cm gengsi doank…

ha ha aaaaaaaaaaa
cm gw kgum dgn keahlian skg ini. bgtu pesat n giurkannnnn

# abus
Kalau punya saya Samsung i550w sudah memiliki fitur WiFi dan GPS (setara dengan N95) total kerugian saya adalah Rp2,7 juta :) waktu bulan desember 2008 kemarin.

# muhamaze
Ayo dicoba… apakah bermanfaat ga untuk kebutuhan kita ;)

# abus
Wah… saya belum pernah nyoba tuh cara yang demikian, karena setahu saya justru handphone ini yang menghubungkan komputer ke internet (jadikan modem)… Kalau misalnya ga dapat sinyal hot spot, alternatifnya bisa pakai sinyal 3G di handphone…

# lince
Benar bro… Sesuaikan saja dengan kebutuhan kita… kalau belum butuh ya jangan buru2 dibeli… Orang Indonesia masih parah budaya gengsinya…

Mas Indra, uda coba download fring nih.. tapi kok dia mintanya connect terus ke internet ya… kalo ada hot spot sih ok – nggak bayar. tapi kalo kemakan dari GPRS terus, bisa berapa nih tagihan kita sebulan..? kalo

Ada cara menon aktifkannya sementara nda sih…
Thanks

# abus
untuk menon-aktifkan sinyal GPRSnya… mas abus bisa set handphone Samsung i780-nya ke mode offline (GSM offline Mode)…

Tapi saran saya mending cari hotspot Wifi gratis dulu baru pakai aplikasi ini… kalau belum ada sih, jangan dipakai dulu ;)

masih rada bingung deh, rencananya kan saya mau beli e63, kan ada wi-fi nya tuh..tapi ko di hotspot area supaya bisa mengakses gratis apa hrs ada yg di aktifkan dulu?

Setahu saya Nokia e63 tidak memiliki fitur Wi-Fi… mungkin yang dimaksud itu e61, e61i atau e71?

Supaya bisa mengakses gratis, pastikan bahwa hotspot tersebut memang terbuka untuk diakses oleh siapa saja… Jadi kamu tinggal jalankan saja aplikasi (contohnya pembahasan di atas) dan pilih koneksi Wi-Fi pada menu pilihan data akses..

masa sih?? tapi di http://www.gsmarena.com/nokia_e63-2599.php di tulis seperti ini :
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g

itu brarti ada wi-fi nya gak?

Aduh sory mbak… tadi saya lihat spek e63 di tabloid Pulsa terdapat salah cetak jadi sebenarnya handphone tersebut sudah built-in Wi-Fi.. jadi bisa tuh akses data pada daerah hotspot.

Pokoknya kita nongkrong aja di tempat yang ada hotspot gratis (kampus, beberapa kafe dll).. nanti tiap kali mau akses data (kayak browsing, chat, streaming dll) pilih akses WLAN untuk menggunakan sinyal hotspot.

oh oke thanks infonya hehe maklum banyak tanya, msh 2 smp..jadi msh krg ngerti wkkw

mas indra,,,,hp saya 6300i itu berarti ada wifinya kan,,,,jadi bisa buka internet gratis dunk di kampus yang ada area hotspotnya,,,,tapi saya masih bingung nih cara nya bagaimana,tolong di bantu ya mas,,,,thanks b4,,,,,,

Yup… Nokia 6300i sudah memiliki fitur Wi-Fi yang dapat menangkap sinyal hotspot… Kamu tinggal nongkrong di dekat daerah hotspot, trus di hape kamu tinggal cari di menu “Koneksi” available WLAN trus definisikan sebagai jalur akses… Setelah itu kamu tinggal browsing aja di hape lalu pakai jalur akses WLAN tadi… Tentunya gratis donk :)

mas indra,,,,,,,saya uda coba buka koneksi tapi ga ada WLAN nya,,,,,terus gimana dunk,, apa itu mempengaruhi ???? di dalam menu koneksi hanya tersedia bluetooth,paket data, data transfer n usb data cable.apa jalur WLAN itu harus di download ??? mohon di bantu lagi ya mas,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,thanks b4 again,,,,,

masa sih ga ada? :(

coba masuk menu -> Koneksi -> Manajer Sambungan -> Ketersediaan WLAN.

coba telusuri aja satu persatu… kalau misalnya memang ga ada sebaiknya kamu bawa ke dealer Nokia untuk minta di-flash ulang dengan firmware terbaru.. masa henpon Wi-Fi tapi koq ga punya menu Wi-Fi??

kalau pengen cepat juga… mending pakai aplikasi third party, namanya WeFi… coba browsing ke http://www.wefi.com.. trus install ke handphone kamu… (ngerti kan cara installnya? ;) tinggal klik-klik aja)

ok deh mas berhasil makasih yach.tapi ko aneh deh mas,,,,saya sdh bisa buka facebook,,,,smua tampilannya ok n bagus, tapi ko saya ga bisa nulis status dan nulis didinding facebook ya mas????mas tau gak knp???makasih ya atas jawabannya,,,,,

ga bisa nulis status dan nulis di dinding facebook???

kamu klik dulu status atau dindingnya baru bisa nulis…

kalau ga di-klik memang ga bisa nulis.

mas baterai nya tahan berapa lama i550 w. klo dibanjarmasin kepake ga gpsnya.. bisa ga download peta digital untuk kota banjarmasin kira2 di mana ya downloadnya

@diffs
Kepake koq gpsnya, download google earth mobile ajah.
@ella
Ada alternatif facebookan nih, baca ya
http://adit38.wordpress.com/2009/06/25/facebook-lewat-sms-sepuasnya/%5Dfacebook pake hape jadul

Mas, klo koneksi wireless nokia E63 ke hotspot gmn ????
ko ga bisa2 browser…??
apa yang perlu disetting….
thank’s before…

Type Hp nokia yang ada WiFi’y type berapa ya mas?

mas apa wifi bisa untuk menDownload file video atw mp3 secara gratis…

Di tempat kerjaan saya disecurity jadi ga bisa connect tanpa memasukkan mac address kita di servernya. Gimana cara mengganti MAC Address di hape ya mas..kalo di komputer..saya tahu pake mac address change tapi kalo di hape gimana tuh??
Makasih ya…

Mas,,Mau nanya,,kalau Nokia 6300 ada wireless nya ga..?? Mksh..

Mas, mau nanya nih..
Hp saya Samsung Galaxi, cara pake Wifi agar gak nyedot pulsa gimana ya???

bosss cara gunakan wifi pada ponsel samsung galaxy mini gmna?

kalau seandainya saya pngen tidak mgengaktifkan wi-fi, tetapi menggunakan hsdpa atau 3g, bagaimana cara mengaktifkannya di nokia e63?

Ichhh..
Pingin Punya dechh..:(

MAntep !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: