Siapakah Si Indra

Madinah Al Munawaroh

Posted on: 10 November 2008

masjid-nabawi

Masjid Nabawi Setelah Selesai Sholat Dzuhur

Akhirnya tulisan mengenai perjalanan ibadah umroh saya akan diakhiri dengan cerita mengenai kota Madinah. Walaupun sebenarnya lamanya perjalanan saya banyak dihabiskan di seputar kota Madinah malah sedikit yang bisa saya ceritakan. Kota Madinah Al Munawaroh adalah merupakan tempat hijrah Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah Al Mukaromah. Sesungguhnya selama di kota Madinah, saya merasakan suasana beribadah yang lebih tenang. Kota Madinah memang tidak sebesar kota Mekkah.

Di kota Madinah terdapat Masjid Nabawi, yang berada di jantung kota. Sholat di masjid Nabawi memiliki nilai yang sangat tinggi, sebagai mana sabda Nabi Muhammad SAW: “Sholat di masjidku ini (Masjid Nabawi) lebih utama 1000 kali dibandingkan shalat di masjid lainnya, kecuali Masjidil Haram.” (HR Ahmad, Ibnu Huzaimah dan Hakim). Secara fisik, Masjid Nabawi adalah sebuah bangunan yang sangat megah dan cantik. Beberapa kubahnya bahkan bisa digeser sehingga kerap membuat heran jamaah yang baru sekali sholat di sini. Tak hanya indah, masjid ini juga memiliki beberapa tempat favorit yang selalu “diburu” jamaah. Tempat-tempat favorit itu antara lain: Raudhah dan makam Rasulullah. Makam Rasulullah terletak di bagian mesjid, tepatnya di sebelah kiri mimbar, di bawah kubah hijau (green dome). Makam ini dikelilingi dinding dengan pintu berlapis emas. Nah, para askar selalu berjaga-jaga di depan pintu. Selaian makam Rasulullah, dalam ruangan ini terdapat pula dua makam Khulafaur Rasyidin yakni Abu Bakar Shiddiq dan Umar bin Khattab.

Nah, tak jauh dari makam Rasulullah terdapat Raudhah. Raudhah artinya taman. Di situlah Nabi biasa membacakan wahyu dan mengajarkan Islam di depan para sahabat dekatnya. Mengingat besarnya makna tempat ini, Nabi pernah bersabda, “Antara kamarku dan mimbarku terletak satu bagian dari taman surga.”
Memahami sabda Nabi tersebut, sejumlah ulama meyakini, Raudhah adalah benar-benar sebagian dari taman surga yang ada di dunia ini. Ketika hari kiamat tiba, menurut para ulama itu, tempat ini akan dipindahkan oleh Allah ke surga. Diyakini pula, Raudhah merupakan tempat yang sangat mustajab untuk berdoa kepada Allah SWT. Mengingat hal ini, tidak mengherankan jika kini umat Islam dari seluruh penjuru dunia menyempatkan diri datang ke Masjid Nabawi di Madinah, lalu berziarah ke makam Rasulullah.

Apabila umat muslim hendak mengunjungi Raudah di areal kompleks Masjid Nabawi, hendaknya perlu diketahui bahwa ada sebuah jadwal kunjungan yang mengatur kapan kita boleh mengunjungi Raudah tersebut. Untuk pengunjung umat muslim wanita diperbolehkan pada waktu antara selesai sholat Shubuh sampai dengan sebelum sholat Dzuhur sedangkan umat muslim pria diperbolehkan pada waktu setelah sholat Dzuhur sampai sebelum sholat Shubuh lagi. Begitu seterusnya. Kalau ada waktu, kita boleh mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang berada dekat di kota Madinah Al Munawaroh. Antara lain adalah

masjid-quba

Masjid Quba – Masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah

pasar-kurma

Pasar Kurma – Tempat penjualan kurma terbaik di Saudi

jabal-uhud

Jabal Uhud – Lokasi terkenal dengan Perang Uhud

6 Tanggapan to "Madinah Al Munawaroh"

Aku teringat semuanya. Ya rabb perkenankanlah aku mengunjungi Rosulmu lagi sebelum aku mati

Alhamdullillah…..syukur kpd Allah Swt yg telah mengundang kami berdua (sy & suami) beribadah haji di thn 2010 ini, msh terasa rasanya sholat yg tenang, syahdu di masjid Nabawi. Ya Allah berilah kami umur yg bermanfaat shg kami bs mengunjungi masjid yg membuat sholat begitu nikmat .

ya alloh..aku selalu menanti panggilanmu,untuk beribadah haji dan berziarah kepada baginda rosullulloh saw.
dan jangan hanya mimpi..laahaula walaaquwwata..illabillahil’aliyil ‘adhim..

Ya ALLAH…

aku ingin sekali mersakan rumah mu itu,,
Ya robb…

Ya Allah apabiila engkau menhendaki ku untuk menginjakkan kaki ke rumah mu Ya Rahman Ya Rahim maka berikanlah aku reski,rahmat,taufit,dan hidayah mu Ya Robb….

Subhanallah,
madinah merupakan KJota Impian saya…
sampaikanlah kami berada disana ya Allah….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: